Sunday, October 11, 2015

Membuat aplikasi pada ms.excel

RUMUS MS.EXCEL LENGKAP


     Selamat datang di Surya Tutorialku. Dalam tutorial kali ini saya akan membahas tentang membuat aplikasi pada ms.excel  degan fungsi VLOOKUP & AVERAGE. Disini saya akan mencontohkanya dengan membuat aplikasi "nilai praktek mahasiswa"  beserta dengan langkah-langkahnya.


Berikut adalah langkah-langkah membuat program penjualan pada ms.excel

1. Anda buka terlebih dahulu ms.excel dan anda buat desain seperti pada gambar di bawah ini. Anda buka saja gambarnya supaya jelas.


2. Setelah anda membuatnya seperti gambar di atas, anda isikan rumus pada kolom NAMA MAHASISWA sebagai berikut  =VLOOKUP(B5,$I$5:$J$14,2).
  • Keterangan dari  (B5,$I$5:$J$14,2). B5 artinya klik tabel B nomor 5. $I$5:$J$14 artinya blok dari kolom I5 sampai J14 pada tabel VLOOKUP yang ada di sebelah kanan. Kemudian kunci dengan F4 gunanya agar tidak terjadi eror. Sedangkan 2 artinya, baris tabel no 2 dari tabel  HLOOKUP. Llihat gambar di bawah. Angka yang berwarna merah adalah nomor tabel yang di maksud.


  • Setelah anda mengisikan 1 rumus pada kolom nama barang, agar anda tidak mengetikan rumus lagi ke kolom yang di bawahnya, anda pakai cara TARIK saja. Cara menggunakan “tarik” anda klik pada tabel C5 kemudian anda tempatkan kursor ke pojok kanan bawah pada kolom tersebut. Kemudian anda tarik sampai ke kolom no 14. Maka rumus akan otomatis. Sebagai contoh lihat gambar di bawah ini. 


3. Isikan rumus pada kolom NILAI RATA-RATA sebagai berikut  =AVERAGE(D5:E5).
  • Keterangan dari  (D5:E5) artinya blok dari tabel D5 sampai E5.
  • Sama seperti cara di atas. agar cepat, anda gunakan cara tarik seperti cara yang sudah di tunjukan di atas.

4. Isikan rumus pada kolom KETERANGAN sebagai berikut  =IF(F5<60,"GAGAL",IF(F5>=60,"LULUS")).
  • Logikanya: jika kolom F5 kurang dari 60, maka keterangannya GAGAL, jika kolom F5 lebig dari samadengan 60, maka keteranganya LULUS.
  • Sama seperti cara di atas. agar cepat, anda gunakan cara tarik seperti cara yang sudah di tunjukan di atas.
  • Untuk membuat tulisan GAGAL menjadi merah, anda blok terlebih dahulu kolom G5 sampai G14 => buka menu conditional formating => pilih highlight cells rules => between => tampilanya seperti gambar di bawah ini.


  • Setelah anda klik menu between, maka akan muncul menu baru saperti pada gambar di bawah ini.


5. Isikan rumus pada kolom NILAI TERTINGGI sebagai berikut  =MAX(F5:F14).
  • Keterangan dari  (F5:F14) artinya blok dari tabel F5 sampai F14.

6. Isikan rumus pada kolom NILAI TERENDAH sebagai berikut  =MIN(F5:F14).

7. Isikan rumus pada kolom JUMLAH MAHASISWA YG MEMPEROLEH NILAI AKHIR LEBIH DARI 60 sebagai berikut  =COUNTIF(F5:F14,">"&60).

8. Setelah anda mengisikan semua rumus seperti di atas, maka tampilan hasilnya kurang lebih seperti
 berikut. Anda buka saja gambaranya supaya jelas.



Sekian artikel dari Surya Tutorialku yang membahas tentang “ membuat aplikasi ms.excel”. Semoga bermanfaat . Jika ada yang kurang jelas dan ingin di tanyakan silahkan komentar di bawah.

No comments:

Post a Comment