Friday, October 9, 2015

Membuat aplikasi dari ms.excel

RUMUS MS.EXEL LENGKAP


     Selamat datang di Surya Tutorialku. Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang tutorial membuat aplikasi ms.excel. Disini saya akan mencontohkan membuat aplikasi "lembaga kursus komputer" beserta dengan langkah-langkah dan cara menggunakanya. OK, tanpa panjang lebar langsung saja dimulai.


Berikut adalah langkah-langkah membuat program aplikasi pada ms.excel.

1. Anda buka terlebih dahulu ms.excel dan anda buat desain seperti pada gambar di bawah ini.
Anda buka saja gambarnya agar jelas

ms.excel

2. Setelah anda membuatnya seperti gambar di atas, anda isikan rumus pada kolom JENIS KELAMIN sebagai berikut  =IF(MID(A5,7,1)="L","LAKI-LAKI","PEREMPUAN")).

  • Logikanya: jika huruf yang dipilih dalam kolom A5 adalah L, maka jenis kelaminya adalah LAKI-LAKI selain itu perempuan.
  • Setelah anda mengisikan 1 rumus pada kolom nama barang, agar anda tidak mengetikan rumus lagi ke kolom yang di bawahnya, anda pakai cara TARIK saja. Cara menggunakan “tarik” anda klik pada tabel C5 kemudian anda tempatkan kursor ke pojok kanan bawah pada kolom tersebut. Kemudian anda tarik sampai ke kolom no 10. Maka rumus akan otomatis. Sebagai contoh lihat gambar di bawah ini.

ms.excel

3. Isikan rumus pada kolom NAMA KURSUS sebagai berikut  =IF(MID(A5,3,3)="301","MS.OFFICE",IF(MID(A5,3,3)="302","VISUAL BASIC","VISUAL FOXPRO")).

  • Logikanya: jika huruf/angka yang di pilih dari kolom A5 adalah 301, maka nama kursus adalah ms.office. jika huruf/angka yang di pilih dari kolom A5 adalah 302, maka nama kursus adalah visual basic. selain itu, visual foxpro.
  • Sama seperti cara di atas. agar cepat, anda gunakan cara tarik seperti cara yang sudah di tunjukan di atas.



4. Isikan rumus pada kolom BIAYA PER BULAN sebagai berikut =IF(D5="MS.OFFICE",450000,IF(D5="VISUAL BASIC",500000,400000)).

  • Logikanya: jika kolom D5 adalah ms.office, maka biaya per bulanya adalah 450000. jika kolom D5 adalah visual basic, maka biaya per bulanya adalah 500000. selain itu, 400000.
  • Sama seperti cara di atas. agar cepat, anda gunakan cara tarik seperti cara yang sudah di tunjukan di atas


5. Isikan rumus pada kolom TOTAL sebagai berikut  =SUM(E5:E10).

  • Keterangan dari  (E5:E10) artinya blok dari tabel E5 sampai E10


6. Setelah anda mengisikan semua rumus seperti di atas, maka tampilan hasilnya kurang lebih seperti
 berikut. Anda buka saja gambaranya agar jelas.


ms.excel


Sekian tutorial dari Surya Tutorialku yang membahas tentang “tutorial membuat aplikasi ms.excel”. Semoga bermanfaat . Jika ada yang kurang jelas dan ada yang ingin di tanyakan silahkan komentar di bawah.


No comments:

Post a Comment